Asumsi Dasar Pembelajaran Tuntas dalam KTSP

Metode pembelajaran adalah cara untuk mempermudah peserta didik mencapai kompetensi tertentu. Hal ini berlaku baik bagi guru (dalam pemilihan metode mengajar) maupun bagi peserta didik (dalam memilih strategi belajar). Dengan demikian makin baik metode, akan makin efektif pula pencapaian tujuan belajar (Winarno Surahmad, 1982). Langkah metode pembelajaran yang dipilih memainkan peranan utama, yang berakhir pada semakin meningkatnya prestasi belajar peserta didik. 

Pembelajaran tuntas (mastery learning) dalam proses pembelajaran berbasis kompetensi dimaksudkan adalah pendekatan dalam pembelajaran yang mempersyaratkan peserta didik menguasai secara tuntas seluruh standar kompetensi maupun kompetensi dasar mata pelajaran tertentu. Dalam model yang paling sederhana, dikemukakan bahwa jika setiap peserta didik diberikan waktu sesuai dengan yang diperlukan untuk mencapai suatu tingkat penguasaan, dan jika dia menghabiskan waktu yang diperlukan, maka besar kemungkinan peserta didik akan mencapai tingkat penguasaan kompetensi. Tetapi jika npeserta didik tidak diberi cukup waktu atau dia tidak dapat menggunakan waktu yang diperlukan secara penuh, maka tingkat penguasaan kompetensi peserta didik tersebut belum optimal. 

Oleh : Akhmad Sudrajat
Asumsi Dasar Pembelajaran Tuntas dalam KTSP 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Asumsi Dasar Pembelajaran Tuntas dalam KTSP' On ...

Ditulis oleh: SMP Negeri 3 Majalengka - Jumat, 14 Juni 2013

Belum ada komentar untuk "Asumsi Dasar Pembelajaran Tuntas dalam KTSP"

Posting Komentar